Birukuning

Kasipers Kasrem 072/Pamungkas Pimpin Ziarah di TMP Kusuma Negara Yogyakarta

IMG 20220302 WA00362 1024x602 - Kasipers Kasrem 072/Pamungkas Pimpin Ziarah di TMP Kusuma Negara Yogyakarta
foto Penrem 072/Pmk

YOGYAKARTA,- Kasipers Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Wawan Indaryanto, S.Pd. mewakili Danrem 072/Pamungkas memimpin acara Ziarah dalam rangka peringatan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 bertempat di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara Yogyakarta. Rabu (2/3/2022).

Baca Juga
Wadan Kodiklatal Tutup Pendidikan Perwira Penerbang TNI AL

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPC PWK III Kota Yogyakarta dengan peserta upacara terdiri dari Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Yonif Mekanis 403/WP, Lanal Yogyakarta, Lanud Ads Yogyakarta, Brimob Polda DIY, Linmas Kota Yogyakarta, Paksikaton Kota Yogyakarta, FKPPI Kota Yogyakarta dan Pramuka Kwarcab 1205.

Kasipers Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Wawan Indaryanto mengatakan, selain sebagai sebuah refleksi makna peristiwa 1 maret 1949 di Yogyakarta, kegiatan ini juga lebih mendekatkan generasi penerus kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kejayaan bangsadan negara Indonesia tercinta. Peristiwa yang terjadi 73 tahun yang lalu di Kota Jogja ini selayaknya menjadi pelajaran berharga bagi generasi penerus bangsa, mengingat tidak sedikit pahlawan yang gugur pada peristiwa ini.

“Generasi muda harus paham bahwa betapa besarnya harga yang harus dibayar untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia melalui pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara ini,” ungkap Kolonel Wawan.

Lebih lanjut Kolonel Wawan menuturkan bahwa Peringatan Serangan Umum 1 Maret tahun 2022 menjadi hari yang bersejarah karena bertepatan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 yang berisi penetapan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara Republik Indonesia.

“Dengan ditetapkannya Serangan Umum 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara, dapat semakin memupuk semangat persatuan dan kesatuan kita semua dan juga sebagai generasi muda untuk tidak pernah lupa pada sejarah perjuangan bangsa.” pungkasnya.

sumber :
Penrem 072/PMK

aripudding

Add comment