Birukuning

Inovasi Satuan Yonmek 403/WP, Sulap Lahan Kosong Jadi Hijau

IMG 20220211 WA0011 1024x683 - Inovasi Satuan Yonmek 403/WP, Sulap Lahan Kosong Jadi Hijau
foto Penrem 072/Pmk

SLEMAN,- Satuan Batalyon Mekanis (Yonmek) 403/WP dibawah kepemimpinan Komandan Batalyon (Danyon) Letkol Inf Helmy terus tiada henti berbenah dan meningkatkan profesionlisme dalam segala bidang. Hal itu juga ditunjukkan dalam upaya penghijauan markas komando (Mako) setempat. Para prajurit terus melakukan upaya penghijauan yang sejalan dengan program pemanfaatan lahan kosong untuk dijadikan sebagai lahan produktif. Lahan yang kosong tersebut dimanfaatkan yakni dengan pengelolaan aneka tanaman produktif dan bernilai ekonomis bagi kesejahteraan prajurit serta masyarakat yang tinggal di sekitar ksatrian.

Baca Lainnya :
Peringati HUT Pomal Ke 76 Tahun 2022, Pangkalan TNI AL Cirebon Gelar Bakti Sosial

Kegiatan penghijauan direalisasikan dengan pelaksanaan penanaman pohon buah durian di lahan kosong seluas lebih dari 100 meter yang terletak di sisi barat pada Kamis (10/2/2022) siang.
Yonmek 403/WP menjalin kerja sama dengan mitra (rekanan) Danyon dari Kota Cilacap, Jateng yang tengah mengembangkan tanaman durian sebagai komoditas tanaman unggulan yang ditanam di lahan kosong satuan setempat. Bantuan sebanyak 59 pohon durian unggulan itu secara simbolis diterima Letkol Helmy untuk selanjutnya dilakukan penanaman secara bersama-sama.

“Dengan menanam durian di lingkungan sekitar kita, maka akan didapatkan banyak manfaat seperti suasana lingkungan akan lebih sejuk karena pohon durian penghasil oksigen yang bagus, kemudian tanaman durian merupakan tanaman yang menghasilkan buah secara musiman sehingga perawatannya harus secara rutin diperhatikan dan tujuan budidaya tanaman durian adalah selain memanfaatkan lahan kosong, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit serta masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar Mako Yonmek 403/WP,” terang Letkol Helmy didampingi Wadanyon Mayor Inf Tri Hasan Fuadi.

Selain itu harapan dan tujuan dari penanaman pohon ini adalah sebagai bentuk dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar ksatrian Yonmek 403/WP. “Penanaman bibit pohon jenis buah – buahan seperti durian yang dilakukan ini hari ini, selain berfungsi sebagai penghijauan dan mengurangi polusi udara sekaligus erosi tanah nantinya akan menjadi sebagai taman buah, yang apabila dirawat dan dijaga bisa bermanfaat bagi prajurit dan keluarga besar Yonmek 403/WP. Kendati manfaatnya tidak akan dirasakan sekarang tapi beberapa tahun kemudian bakal dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” tandas Letkol Helmy.

source :
Penrem 072/Pmk

aripudding

Add comment