Birukuning
PhotoGrid Plus 1636539285102 - Pangkoarmada III Inspektur Upacara Tabur Bunga di Perairan Laut Teluk Ambon

Pangkoarmada III Inspektur Upacara Tabur Bunga di Perairan Laut Teluk Ambon

AMBON,- Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Pahlawan di KRI Fatahillah-361 sekaligus tabur bunga di perairan laut Teluk Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga :
Danwingdiktek Hari Ini Resmi Menutup Pendidikan Sus Instalasi Penerangan Landasan A-2

KRI Fatahillah-361 bertolak dari dermaga Irian, Halong menuju perairan Teluk Ambon untuk mendukung tabur bunga dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2021 dengan tema “Pahlawanku Inspirasiku”.

Upacara tabur bunga di laut ini dihadiri Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Nathaniel Orno bersama sejumlah pejabat Forkopimda Provinsi Maluku, Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah berlangsung khidmat, tertib dan sederhana dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Peserta upacara terdiri dari prajurit TNI, Polri, mahasiswa, pelajar, Pramuka, organisasi kemasyarakatan termasuk keluarga para Pahlawan serta pelaku sejarah. Selain KRI Fatahillah-361, juga dikerahkan empat kapal pendamping, yaitu KRI Sura-802, KRI Albakora-867, Kal Alkura, Kal Panana dan Sea Rider Lantamal IX Ambon.

Upacara tersebut sebagai penghormatan atas jasa dan pengorbanan para Pahlawan, khususnya yang gugur di laut dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, serta mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu juga untuk mengenang pertempuran 10 November 1945.

Upacara tabur bunga antara lain dengan mengheningkan cipta, pelarungan bunga dan dilakukan penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan. Suasana tabur bunga semakin khidmat pada saat berdo’a semoga segala amal ibadah yang telah dilakukan para Pahlawan mendapat balasan yang berlipatganda dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

aripudding

Add comment