Birukuning
PhotoGrid Plus 1637830835362 - Kegiatan Simulasi, Dimana Pesawat PK HT 2511 Mendarat Darurat Di Landasan Pacu Lanud Mus

Kegiatan Simulasi, Dimana Pesawat PK HT 2511 Mendarat Darurat Di Landasan Pacu Lanud Mus

SABANG,- Lanud Maimun Saleh menggelar latihan lapangan yaitu penanganan kecelakaan pesawat terbang diarea Apron Lanud Maimun Saleh diikuti oleh 2 instansi Kota Sabang dengan tujuan untuk mengasah dan memelihara kemampuan para personil Lanud Maimun Saleh, personil pemadam kebakaran Bandara Maimun Saleh dan personil pemadam kebakaran Pemda setempat, Kamis, (25/11/2021).

BACA JUGA :
Turnamen Futsal Piala Dandim 1007/Banjarmasin Tahun 2021 Hari Ini Resmi Berakhir

Dalam skenario latihan, pilot dari pesawat menghubungi personil ATC Lanud MUS bahwa pesawat PK HT 2511 akan mendarat darurat dikarenakan salah satu dari mesin pesawat mengalami terbakar, mendapatkan informasi tersebut personil ATC langsung melaporkan kepada kepala dinas operasi Mayor Lek Setya Agus, kepala dinas operasi perintahkan agar segera siagakan seluruh Crash team terkait emergency Landing, sesuai dengan jalur komando, Kepala Dinas Operasi segera melaporkan kepada Komandan Lanud Maimun Saleh atas informasi tersebut.

Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Dariyanto perintahkan agar laksanakan penyelamatan sesuai dengan prosedur dan utamakan safety, dan segera lakukan koordinasi dengan instansi terkait agar dalam penyelamatan dan pertolongan dapat segera teratasi.

Dengan situasi cuaca angin yang berhembus kencang, kobaran api cepat membesar sehingga api dengan cepat menjalar dan meluas, mendengar informasi tersebut personil piket Lanud MUS langsung meminta bantuan ke intansi terkait. Alhamdulillah dengan komunikasi dan kerjasama yang baik dan kompak dengan waktu kurang lebih 20 menit api dapat dipadamkan.

Seusai dilakukan pemadaman personil kesehatan dan personil lainnya segera bertindak mendekati lokasi dan sesampainya di lokasi, tim berbaju anti api mengeluarkan penumpang dari dalam pesawat, tim kesehatan menangani korban yang luka dan membawanya ke rumah sakit terdekat, dan personil SatpomAU Lanud MUS segera mengamankan area kejadian untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sumber :
Pen Lanud MUS

aripudding

Add comment