Birukuning
PhotoGrid Plus 1635333641802 - Pangdam XIII/Merdeka : Latihan Pratugas Bertujuan Untuk Meningkatkan Kemampuan & Pengetahuan Personel Satgas

Pangdam XIII/Merdeka : Latihan Pratugas Bertujuan Untuk Meningkatkan Kemampuan & Pengetahuan Personel Satgas

MANADO,- Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W. F. Mamahit, M.Si berikan pengarahan saat briefing pembukaan latihan pratugas para prajurit Kodam XIII/Merdeka yang akan ditugaskan sebagai BKO Apter di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/ Kasuari TA 2021 yang dilaksankan bertempat di Aula Daan Mogot Mako Rindam XIII/Merdeka, Rabu (27/10/2021).

BACA JUGA :
Kapok Sahi Pangdam IV/Diponegoro Buka Latihan Pratugas Penebalan Apter BKO Gel. III Kodam XVII/Cen dan Kodam XVIII/Ksr

Dalam amanatnya Pangdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa pada latihan pratugas ini berbagai materi dilatihkan dan disimulasikan diantaranya materi hukum, teritorial, intelijen, tempur, dan bahkan pengenalan adat serta budaya di daerah penugasan sehingga dapat agar dapat memberikan gambaran terkait situasi dan perkembangan di daerah penugasan. Pangdam juga mengatakan bahwa beberapa hal penonjolan yang terjadi akhir-akhir ini akan disampaikan dalam pemberian materi latihan demi mencegah terjadinya kerugian personel dan materil di tugas.

“Latihan Pratugas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan personel satgas sesuai dengan perkembangan daerah penugasan saat ini.” Ucap Pangdam

Selanjutnya dalam memberikan pengarahan, Pangdam XIII/Merdeka juga memberikan beberapa penekanan dan hal yang perlu dipedomani selama melaksanakan tugas Operasi yang berbunyi “Agar Latihan Pratugas ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai hasil yang optimal, perlu saya sampaikan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan: Pertama, laksanakan Latihan ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan prosedur latihan yang berlaku dan penuh rasa tanggung jawab sebagai seorang Prajurit TNI AD. Kedua, patuhi prinsip-prinsip latihan yang baik dan benar. Perhatikan faktor keamanan. Hindari potensi risiko kerugian, baik personel maupun materiil, selama kegiatan Latihan berlangsung. Ketiga, jalankan Latihan Pratugas ini dengan disiplin dan loyalitas serta semangat juang yang tinggi. Ingat selalu semboyan Prajurit TNI Lebih baik mandi keringat dalam latihan daripada mandi darah di medan tugas. Keempat, adakan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan instansi terkait dan segenap warga di sekitar daerah latihan dengan mengedepankan komunikasi, kekeluargaan, saling menghormati dan saling menghargai. Jadilah contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat setempat. Kelima, jaga nama baik diri pribadi dan satuan dengan tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun selama pelaksanaan Latihan.
Keenam, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.” Tutur Pangdam

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danrindam XIII/Merdeka, Pamen Ahli Bidang OMSP serta para Asisten dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka.

sumber :
Pendam XIII/Merdeka.

aripudding

Add comment