Birukuning
IMG 20210613 WA0020 - PCNU Nunukan Gelar Tausiyah Kebangsaan, Bupati Nunukan Apresiasi Komitmen NU dalam Merawat dan Menjaga Tradisi dan Kearifan Lokal

PCNU Nunukan Gelar Tausiyah Kebangsaan, Bupati Nunukan Apresiasi Komitmen NU dalam Merawat dan Menjaga Tradisi dan Kearifan Lokal

Birukuning.com, NUNUKAN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Nunukan menggelar Tausiyah Kebangsaan dalam rangka halal bi halal sekaligus dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Se-Kabupaten Nunukan dengan mengusung tema “Merawat tali silaturahmi merajut harmoni memperkuat keakraban menuju kemajuan Nahdatul Ulama kabupaten Nunukan”. Tampak kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin yang mewakili Bupati Nunukan di Gedung Olahraga Sei Sembilan, Sabtu (12/06/2021).
Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Nunukan, kemudian tamu undangan dari elemen Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat Istiadat serta Seluruh Badan Otonom NU Kabupaten Nunukan yakni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Pemuda ANSOR, PAGAR NUSA, Ikatan Pelajar NU, Ikatan Pelajar Putri NU, Lembaga Pendidikan Al-Ma’arif NU, dan Ikatan Sarjana NU (ISNU). Acara juga langsung oleh Instruktur Pelatihan Kader Penggerak NU (PKP-NU) Nasional yakni KH. Adnan Anwar dari Jakarta.
Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Sholawat Nabi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Lagu NU Syubbanul Wathon, dan dilanjutkan dengan prosesi pelantikan seluruh pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Se-Kabupaten Nunukan
Dalam sambutan Bupati Nunukan yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin mengatakan, memaknai halal bihalal merupakan tradisi bagi masyarakat islam Indonesia yang erat hubungannya dengan pemikiran-pemikiran ulama Indonesia khususnya ulama NU.
“Sebagai sebuah bangsa kita bersyukur memiliki sebuah tradisi halal bihalal, tradisi untuk saling meminta dan memberi maaf”, katanya.
Lebih lanjut, Muhammad Amin menyampaikan Halal Bi Halal tidak hanya sebagai ajang untuk saling bermaaf-maafan, Halal Bihalal harus bisa menjadi sarana untuk merajut ukhuwah yang lebih kuat.
“Agar halal bihalal dimaknai lebih jauh melalui nilai-nilai puasa yang terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, selain sebagai ajang untuk bermaaf-maafan halal bihalal juga menjadi sarana untuk merajut ukhuwah yang lebih kuat”, ujarnya.
Muhammad Amin juga menyampaikan kepada NU sebagai Organisasi Islam yang berpegang pada ajaran Ahlus Sunah Wal Jamaah, agar memiliki komitmen yang kokoh untuk merawat dan menjaga tradisi dan kearifan lokal.
“NU sebagai organisasi Islam memiliki komitmen yang kokoh untuk merawat dan menjaga tradisi dan kearifan kearifan lokal seperti ini demi kebaikan bangsa dan negara, sama kokohnya dengan komitmen NU untuk merawat dan menjaga keberagaman yang ada di tengah-tengah masyarakat”, katanya.
Di akhir sambutan Bupati Nunukan mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus majelis wakil cabang NU se Kabupaten Nunukan.
“Atas nama pribadi keluarga dan pemerintah saya menyampaikan mohon maaf lahir batin jika selama ini ada kesalahan diantara kita, dan selamat atas pelantikan pengurus majelis wakil cabang NU se Kabupaten Nunukan semoga NU di Kabupaten Nunukan terus maju dan berhikmat bagi umat dan masyarakat.” tutupnya. (*)

Add comment