Birukuning
IMG 20210517 WA0007 - Prihatin Kondisi KNPI, Organisasi Cipayung Bulungan Desak DPD KNPI Bulungan Laksanakan MUSDA

Prihatin Kondisi KNPI, Organisasi Cipayung Bulungan Desak DPD KNPI Bulungan Laksanakan MUSDA

Birukuning.com, BULUNGAN – Pemuda adalah salah satu motor penggerak dalam perkembangan sebuah negara, peran dan eksistensinya adalah bagian terpenting dalam menjalankan semangat semangat yg berkarya dan berkelanjutan untuk menyongsong kemajuan bangsa maupun daerah.

Wujud dari pergerakan pemuda tersirat dan tersurat di dalam semangat mereka mendirikan beberapa wadah maupun organisasi untuk menampung semua pemikiran dan visi, lalu mengimplementasikannya dengan mengembangkan potensi anggota dalam organisasi itu sendiri.

KNPI atau Komite Nasional Pemuda Indonesia  merupakan salah satu wadah yang sejak berdirinya pada 23 Juli 1973 menjadi laboratorium bibit unggul pemuda dalam konteks wawasan kebangsaan maupun gerakan sosial masyarakat serta kepemudaan.

Kemajuan dan perkembangan KNPI yang senantiasa menjadi perekat kemajemukan pemuda ini, menjadi semangat dan kekuatan dalam menyongsong harapan tercapainya cita cita bangsa Indonesia.

Namun pada sisi yang lain, hingga pertengahan tahun 2021 ini DPD KNPI Kabupaten Bulungan belum sama sekali melaksanakan Musda (Musyarawah Daerah) DPD KNPI Kabupaten Bulungan.

“Pengurus DPD KNPI Kabupaten Bulungan hingga saat ini belum melaksanakan MUSDA, bahkan niat untuk melaksanakan mungkin bekum ada sama sekali, kami prihatin dengan kondisi KNPI Kabupaten Bulungan” ungkap Didi Kadarismanto selaku Ketua PC PMII Bulungan kepada wartawan birukuning.com melalui via telepon Senin (17/05/2021).

IMG 20210517 200233 242x300 - Prihatin Kondisi KNPI, Organisasi Cipayung Bulungan Desak DPD KNPI Bulungan Laksanakan MUSDA
Didi Kadarismanto, Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Bulungan

Menurut Didi, Musyawarah Daerah KNPI Kabupaten Bulungan terakhir dilaksanakan pada tahun 2016, hingga saat ini tidak pernah ada pelantikan dan kegiatan kepemudaan yang agresif dan progresif di jalankan oleh kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Bulungan.

Perlu diketahui bersama bahwa, masa periode KNPI di tingkat kabupaten/kota 3 tahun per 1 periode, jika di hitung dari tahun 2016. Maka kepengurusannya berakhir pada tahun 2019.

Pada tanggal 23 April 2021 kemarin, DPD KNPI Kalimantan Utara mengadakan Rapat Pleno Terbuka membahas terkait kepengurusan KNPI tingkat Kabupaten Kota Se-Kalimantan Utara kepengurusan yang telah berakhir dan mendelegasikan 3 orang pengurus DPD KNPI Kalimantan Utara menjadi careteker.

“Hampir 1 bulan lamanya ada penunjukan careteker itu, belum ada yang tindak lanjut dari persiapan musda KNPI Bulungan. Sehingga pemuda hari ini hanya menikmati hidup di organisasi yg mati suri ini.” tambah Didi.

“Selain itu, Graha pemuda (KNPI) yang terletak di Jalan Ahmad Yani juga tidak terurus. Semua peralatan gedung sudah tidak layak pakai lagi, ruangan OKP (organisasi kepemudaan) juga kotor. Bahkan Aula gedung di jadikan tempat latihan atlet Tenis meja”

Setelah Deklarasi Cipayung Kab. Bulungan yang terdiri dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) berkomitmen untuk menghidupkan kembali wadah organisasi KNPI tersebut secara regenerasi, Cipayung Bulungan Juga mengingatkan panitia Musda KNPI Bulungan agar tidak meloloskan berkas OKP yang muncul hanya 3 tahunan saja (OKP dengan SK Bulungan), “perlu ada tim verifikasi berkas yg berintegritas dengan meninjau OKP yang tergabung dalam musda tersebut, termasuk meninjau langsung Sekretariat OKP, Dokumentasi kegiatan-kegiatan yang telah di laksanakan oleh OKP, meninjau/mengkonfirmasi langsung Surat keputusan (SK) yang di tanda tangani oleh pengurus pusat. Selain itu, Careteker juga harus segera mungkin mengkonsolidasikan OKP yang ada di bawah Naungan KNPI Bulungan”.

“Pertama, besar harapan kami dengan Nada mendesak agar DPD KNPI Kabupaten Bulungan juga mentransparansikan Laporan pertanggung jawaban KNPI Bulungan masa Khidmat 2016-2019, baik itu dari segi keuangan maupun peralatan yang telah di pakai di graha pemuda tersebut. Kedua, harapan kami sangat sederhana yaitu dimana hasil dari musda tersebut adalah memilih pemimpin yang mampu membawa wadah ini ke arah organisasi pemuda yang berintelektual untuk percepatan pembangunan Karakter pemuda kabupaten Bulungan yang berkualitas” ungkap Alumni Mahasiswa Universitas Kaltara ini. (*)

Add comment