Birukuning
1104gw - Dr Aqua Dwipayana, Siap Berikan Motivasi Pegawai Pemkab Banyumas

Dr Aqua Dwipayana, Siap Berikan Motivasi Pegawai Pemkab Banyumas

PURWOKERTO,- Bupati Banyumas Achmad Husein mengundang Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana untuk memotivasi ribuan jajarannya. Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Husein kepada Dr Aqua Minggu (11/4/2021) di rumah dinasnya.

Dr Aqua bersama pembina Asosiasi Pengusaha Oleh-Oleh (ASPOO) Jateng Edy Soehartono sengaja silaturahim ke Husein. Saat ketemu mereka mendiskusikan banyak hal termasuk tentang penanganan Covid-19 di Kabupaten Banyumas dan pengalaman Husein sehingga terhindar dari virus tersebut.

Ketika mereka ngobrol Dr Aqua menceritakan berbagai aktivitasnya selama ini termasuk telah memotivasi ratusan ribu orang baik di Indonesia maupun puluhan negara. Husein menyimak semua yang disampaikan penulis buku _best seller_ Trilogi The Power of Silaturahim itu.

Begitu mengetahui bahwa Dr Aqua adalah motivator dan telah memotivasi banyak aparatur sipil negara (ASN) termasuk yang bekerja di kantor-kantor pemerintah daerah baik tingkat I maupun II, Husein sangat tertarik. Spontan minta doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung itu untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajarannya.

“Kalau begitu pas sekali. Insya Allah saya mengundang Pak Aqua untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan para ASN yang bertugas di Kabupaten Banyumas,” ujar Husein.

Bapak empat anak yang sudah periode kedua jadi Bupati Banyumas ini menambahkan rencananya para peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi adalah para pejabat eselon dua, tiga, dan empat. Mereka sangat perlu diberi pembekalan tersebut.

Selain itu, lanjut alumni Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ini, para tenaga medis yang lebih dari setahun menangani pandemi Covid-19 dan semua kepala sekolah juga akan diikutkan sebagai peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi. Sehingga mereka tetap bersemangat melaksanakan tugas-tugasnya untuk melayani masyarakat.

“Perkiraan saya jumlah ASN Kabupaten Banyumas yang akan mengikuti Sharing Komunikasi dan Motivasi yang Pak Aqua sampaikan minimal seribu orang. Kemungkinan jumlahnya bisa lebih dari itu,” tambah mantan direktur utama PDAM Kabupaten Banyumas tersebut.

*Banyak Sesi*
Untuk mengakomodir semua peserta, Husein akan menugaskan stafnya mencari tempat yang luas. Saat pelaksanaanya tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Saya akan menugaskan staf untuk mempersiapkan acara Sharing Komunikasi dan Motivasi termasuk mencari lokasi yang luas buat tempat pelaksanaannya. Jika sudah siap semuanya insya Allah saya infokan ke Pak Aqua,” ungkap Husein.

Dr Aqua menyambut dengan antusias dan gembira undangan Husein tersebut. Di sela-sela jadwalnya yang padat, mantan wartawan di banyak media itu akan mengalokasikan waktunya khusus untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kabupaten Banyumas.

Tidak hanya itu. Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini juga menyatakan siap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi banyak sesi di Kabupaten Banyumas. Bahkan Dr Aqua akan mengalokasikan waktu selama seminggu untuk kegiatan tersebut.

“Jika waktu seminggu masih kurang, saya siap untuk melanjutkan Sharing Komunikasi dan Motivasi minggu berikutnya. Semua disesuaikan dengan jumlah peserta dan kapasitas ruangan yang digunakan untuk acara itu,” kata Dr Aqua.

Kepada Husein, anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi itu menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Baginya semua kepercayaan itu adalah kehormatan yang harus dituntaskan dan hasilnya optimal.

*Familiar dengan Buku Dr Aqua*
Saat pertemuan itu Dr Aqua memberikan buku Trilogi The Power of Silaturahim karyanya kepada Husein. Ketiga buku itu berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”, “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)”, serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Buku yang pertama “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” diluncurkan pada 15 April 2016 bersamaan dengan promosi Doktor Komunikasi Aqua di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung. Awalnya ditulis dan diterbitkan dengan tujuan buat souvenir kegiatan tersebut.

Ternyata pesanan bukunya banyak sekali. Sampai sekarang sudah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar. Setiap cetak 20 ribu eksemplar. Buku itu masuk kategori _super best seller_.

Dari buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” lahirlah kemudian Gerakan Umrah The Power of Silaturahim (The POS) yang dibiayai dari hasil penjualan buku tersebut. Ketua tetap rombongan umrohnya setiap tahun adalah wartawan senior Nurcholis MA Basyari.

Bergulir sejak 2017, total jamaah The POS yang dipimpin Nurcholis itu hingga kini mencapai 167 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang sosial-budaya, ekonomi, dan pekerjaan/profesi. Perinciannya POS I 2017 sebanyak 35 orang, POS II 2018 berjumlah 39 orang, POS III 2019 mencapai 50 orang, dan POS IV 2020 43 orang.

Jamaah POS IV sedianya berangkat ke Tanah Suci April 2020. Namun, keberangkatan jamaah POS IV teradang oleh pandemi Covid-19 sehingga tertunda entah sampai kapan. Semoga saja pandemi ini cepat berakhir sehingga jamaah POS IV dapat segera menunaikan umrah ke Tanah Suci Mekah dan berziarah ke Masjid Nabawi di Madinah.

“Buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” ini dulu sering saya lihat di toko-toko buku. Saya cukup familiar dengan buku ini. Sedangkan buku-buku karya Pak Aqua yang lain baru sekarang saya tahu,” jelas Husein.

Sedangkan dua buku lainnya terbitnya bersamaan. Efektif mulai diedarkan awal Januari 2021.

Kedua buku itu dicetak masing-masing 20 ribu eksemplar. Totalnya 40 ribu eksemplar. Pemasarannya dilakukan secara langsung ke konsumen. Belum dijual di toko-toko buku.

Sampai sekarang telah terjual 23 ribu eksemplar. Setiap hari selalu ada tambahan pesanan bukunya. Jumlahnya beragam mulai dari puluhan eksemplar hingga ribuan eksemplar.

Kesuksesan kedua buku itu atas dukungan penuh dua editor handal yakni penulis banyak buku Nurcholis MA Basyari dan mantan Wakil pemimpin redaksi harian Jawa Pos Fuad Ariyanto yang akrab dipanggil Cak Fu. Selain itu juga mantan copy editor Jawa Pos Yarno Wiryo yang bantuannya sangat besar.

Melihat banyaknya pesanan kedua buku itu Dr Aqua optimis dalam waktu dekat akan cetak ulang. Jumlahnya sama dengan cetakan pertama masing-masing 20 ribu eksemplar sehingga totalnya 40 ribu eksemplar.

“Terima kasih banyak Pak Aqua atas pemberian semua bukunya. Insya Allah saya baca. Hobi saya adalah membaca dan senang dengan buku-buku seperti yang bapak tulis,” pungkas Husein. (Ist)

 

aripudding

Add comment