Birukuning
Kodik 1 - Dankodikopsla Tinjau Lattek Siswa Dikkopaska

Dankodikopsla Tinjau Lattek Siswa Dikkopaska

SITUBONDO,- Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Laksamana Pertama TNI Eko Wahyono meninjau secara langsung kegiatan Latihan dan praktek (Lattek) Pendidikan Komando (Dikko) siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) Angkatan ke-44 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Karangteko, Situbondo (31/12).

Dalam peninjauan tersebut, Dankodikopsla didampingi oleh Palakhar Komandan Pusat Pendidikan Khusus (Danpusdiksus) Letkol Laut (KH) I.B. Sentot Dalu Alam dan beberapa perwira staf Pusdiksus lainnya.

Pada kesempatan itu, Dankodikopsla meninjau berbagai fasilitas latihan yang digunakan siswa Dikkopaska selama mengikuti Lattek di Puslatpur Karangteko, diantaranya : meninjau fasilitas barak siswa dan kelengkapannya, meninjau tower serta simulasi helly yang digunakan untuk melaksanakan latihan reppeling siswa.

Dankodikopsla juga meninjau secara langsung pelaksanaan latihan siswa Dikkopaska saat materi patrol, materi booby trap, materi evakuasi medis, latihan penghadangan dan penyiapan landing zone.

Disela-sela peninjauan lattek tersebut, Dankodikopsla mengadakan tatap muka dan sekaligus memberikan pengarahan kepada seluruh siswa, pelatih dan pendukung Lattek Dikko siswa Dikkopaska.

Dankodikopsla menekankan agar selama pelaksanaan lattek di Karangteko agar seluruh personel baik pelatih, pendukung maupun siswa selalu mengedepankan keselamatan dan keamanan baik personel maupun materiil. “Saya minta agar seluruh personel yang terlibat dalam Lattek Dikko ini selalu mengedepankan keselamatan dan keamanan selama latihan,” ujarnya.

Khusus kepada siswa, Dankodikopsla meminta agar melaksanakan lattek ini dengan sunggun-sungguh dan penuh semangat sehingga semua materi latihan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Kodikopsla adalah merupakan salah satu unsur pelaksana dibawah Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL yang bertugas melaksanakan pendidikan lanjutan perwira, pendidikan ilmu kepelautan, pendidikan khusus, pendidikan hidrografi-oseanografi dan pendidikan intelijen maritime.

Selain itu, Kodikopsla memiliki tugas tambahan, yaitu melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin pada tataran taktik operasi tempur laut, serta mengkoordinasikan, mengawasi, mengendalikan Pusdik-pusdik di bawah Kodikopsla Kodiklatal dan membina kekuatan termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya. (*)

aripudding

Add comment