Birukuning
Diy 1 - Korem 072/Pamungkas Bersama Disbud DIY Peringati Serangan Umum 1 Maret 1949

Korem 072/Pamungkas Bersama Disbud DIY Peringati Serangan Umum 1 Maret 1949

Yogyakarta, (birukuning.com) Selasa 29 Januari 2019,-
Korem 072/Pmk gelar Rapat Koordinasi peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949, acara Rakor dilaksanakan di Ruang manunggal Makorem 072/Pmk pada Selasa (29/1).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar pelaksanaan peringatan Serangan Umum 1 Maret tahun ini bisa dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh instansi pemerintah maupun organisasi-organisasi yang ada di Yogyakarta ini, tidak dilaksanakan sendiri-sendiri seperti tahun-tahun yang lalu.

Untuk Korem 072/Pmk berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY untuk sama-sama mengakomodir semua elemen masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan peringatan Serangan Umum tersebut. Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh seluruh unsur TNI, baik TNI AD, TNI AU, TNI AL dan Polri serta Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, Komunitas Djogjakarta 45, pengurus Wherkreis III Yogyakarta, Kesbangpol DIY, Museum Benteng Vredeburg, Yayasan Kajian Citra Bangsa, Yayasan Darul Hisyimi.

Diy 2 - Korem 072/Pamungkas Bersama Disbud DIY Peringati Serangan Umum 1 Maret 1949

Sebagai generasi penerus kita harus mengetahui bahwa Serangan Umum 1 Maret 1949 tersebut walaupun hanya dilaksanakan selama 6 jam saja namun dapat membuka mata dunia dan membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI – Negara Republik Indonesia masih ada dan cukup kuat, sehingga dengan demikian dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB dengan tujuan utama untuk mematahkan moral pasukan Belanda serta membuktikan pada dunia internasional bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih mempunyai kekuatan untuk mengadakan perlawanan.

Mengingat arti pentingnya peristiwa Serangan Umum 1 maret tersebut adalah suatu kebanggaan, yang selalu diperingati sertiap tahunnya sehingga warga Yogyakarta dapat mengingat kembali sejarah besar Yogyakarta itu sendiri dan dari peringatan tersebut dapat memupuk rasa cinta tanah air dan jiwa patriotisme kepada generasi muda di Yogyakarta. Karena di era milenial ini sudah banyak terlupakan bahwa Yogyakarta ini pernah menjadi ibukota negara Indonesia.

Danrem 072/Pmk dalam sambutannya yang diwakili oleh Kasrem 072/Pmk Kolonel Kav Puji Setiono menyampaikan bahwa peringatan Serangan Umum 1 Maret ini merupakan kegiatan yang besar yang seyogyanya dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua yang mempunyai kepentingan baik dari Pemerintah Daerah maupun organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada, sehingga acara ini bisa menjadi even nasional kedepannya. Korem 072/Pmk akan mendukung sepenuhnya kegiatan ini baik untuk mendukung personel maupun Alutsista yang dibutuhkan.

Diy 3 - Korem 072/Pamungkas Bersama Disbud DIY Peringati Serangan Umum 1 Maret 1949

Sementara dari Dinas Kebudayaan yang diwakili oleh ibu Erlina Hidayati Sumardi menyampaikan bahwa Dinas Kebudayaan Provinsi DIY bersepakat dengan Korem 072/Pmk untuk bekerja sama melaksanakan peringatan Serangan Umum 1 Maret tahun ini yang ke 70 secara bersama-sama agar dapat dilaksanakan dengan besar dan dapat menjadi agenda nasional dan diharapkan peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949 ini dapat dijadikan menjadi hari besar Nasional seperti yang diharapkan oleh para pelaku sejarah.

Masih dalam sambutannya ibu Herlina menyampaikan bahwa suksesnya Serangan Umum 1 Maret 1949 karena bersatunya Rakyat Yogyakarta, TNI dan Kraton Yogyakarta. Sehingga pada peringatan ke 70 Serangan Umum ini banyak pihak yang ingin berkolaborasi dalam kegiatan peringatan ini.

Tujuan akhir dari kegiatan peringatan Serangan Umum 1 Maret ini bukan hanya perayaan seremonial belaka, tetapi bagaimana dapat menjadi internalisasi nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raganya demi tetap tegaknya negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah Belanda.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada acara peringatan Serangan Umum 1 Maret tahun ini adalah, Bersih-bersih tetenger, Seminar 70 tahun Serangan Umum 1 Maret 1949, Pameran Foto dan Buku, malam tirakatan, Upacara dan ziarah/tabur bunga di Taman makam pahlawan ( TMP Kusuma Negara, Makam Pahlawan Somanggala), Teatrikal SO 1 Maret 1949 dan Pameran Alutsista TNI/Polri , pengajian akbar yang akan menghadirkan Habib Lufti dari pekalongan dan Habib syehk dengan mengambil tema Yogyakarta bersholawat.


Autentika :
Penrem 072/Pamungkas

aripudding

Add comment