Birukuning
Pamungkas 2 - Hadapi Pemilu, Korem 072/Pamungkas, gelar latihan Pengamanan

Hadapi Pemilu, Korem 072/Pamungkas, gelar latihan Pengamanan

Yogyakarta, (birukuning.com) Rabu 30 Januari 2019,-
Korem 072/Pamungkas Kodam IV/Diponegoro menggelar Apel gabungan TNI dan Polri dalam rangka kesiapan pelaksanaan latihan pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden tahun anggaran 2019, di Lapangan Sapta Marga Yonif 403/WP, Kentungan, Yogyakarta, Rabu (30/1).

Latihan Pengamanan Pemilu tersebut dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 30 Januari sampai dengan tanggal 10 Pebruari 2019.

Danrindam IV/Diponegoro sekaligus menjabat Wakil Komandan Latihan PAM Pemilu 2019, Kolonel Inf Amrin Ibrahim dalam membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro menyebutkan melalui latihan ini diharapkan seluruh unsur pimpinan mengerti apa yang harus diperbuat, sehingga tidak menyalahi aturan yang ada. Netralitas TNI dalam menghadapi Pemilu tahun 2019 adalah salah satu kunci yang akan menetukan keberhasilan Pemilu khususnya di bidang pengamanan.

TNI dan Polri harus mampu menunjukkan komitmen yang kuat dalam membangun dan mewujudkan sinergitas, agar dalam pelaksanaan tugas dapat dicapai kesuksesan sehingga keamanan dan keutuhan NKRI tetap terjaga. “Hal ini penting agar dalam pelaksanaan pengamanan terjadi sinkronisasi dan saling memahami tugas masing-masing, sehingga tidak terjadi benturan antar sesama aparat di lapangan,” katanya.

Pamungkas 3 - Hadapi Pemilu, Korem 072/Pamungkas, gelar latihan Pengamanan

Pangdam juga memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya selalu pegang teguh komitmen netralitas TNI dalam pemilu, ciptakan realisme dalam latihan sehingga peserta dapat memahami teknik, prosedur, dan mekanisme serta sistem komando, kendali, komunikasi serta informasi pengamanan pemilu 2019.

“Laksanakan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh unsur terkait diwilayah masing-masing sehingga terwujud sinergitas antar instansi dalam pengamanan pemilu, kepada para pelaku atau peserta latihan, saya perintahkan agar mengikuti latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan,” tambahnya.

Serta menjaga keamanan baik personel maupun materiil selama melaksanakan latihan dan hindari segala perbuatan yang dapat merusak citra prajurit Diponegoro. “Adakan evaluasi kegiatan sehingga segala kekurangan dapat segera dibenahi dan dilatihkan kembali sampai benar-benar dipahami serta dikuasai,” pungkasnya.


Autentika :
Penrem 072/Pmk

aripudding

Add comment