Birukuning
19 Kunker 13 - Ke Bunyu, Gubernur Tinjau Jalan, Lokasi Pelabuhan Hingga Embung

Ke Bunyu, Gubernur Tinjau Jalan, Lokasi Pelabuhan Hingga Embung

Setelah sehari sebelumnya, Jumat (16/11) melakukan tinjauan lapangan terhadap beberapa proyek pemerintah yang ada di Tarakan, Sabtu (17/11) Gubernur bersama beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, melakukan hal yang sama di Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan.

Ada beberapa lokasi yang dikunjungi selama di Bunyu sejak pagi hingga siang itu. Setibanya di Bunyu, Gubernur dan jajarannya berkesempatan mengunjungi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bunyu. Selain bertatap muka dengan para guru, staf sekolah serta bersama para siswanya, dalam kunjungan itu, Gubernur menyerahkan bantuan dari Pemprov Kaltara untuk pembangunan Masjid di sekolah dan Masjid Kecamatan Bunyu senilai Rp 250 juta. “Sekolah ini akan terus kita kembangkan, insya Allah tahun depan akan ada penambahan ruang kelas,” kata Irianto yang dalam kunjungan itu turut pula didampingi istri, Hj Rita Ratina Irianto. Dalam kesempatan yang sama, ketua TP PKK Kaltara ini, juga ada kegiatan TP PKK di Bunyu.

Dari SMA Negeri 1 Bunyu, rombongan menuju Kantor Camat Bunyu. “Di situ kami bertemu dengan masyarakat yang kebetulan ada kegiatan PKK. Dalam kesempatan ini, saya menerima hibah lahan dari salah satu warga untuk pembangunan SMKN Bunyu. Atas nama Pemprov Kaltara, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerelaan menghibahkan lahan ini. Oleh Pemprov Kaltara, sekolahnya akan segera dibangun. Selama ini belum bisa dibangun, karena lahannya belum ada,” ungkap Irianto.

Kunjungan selanjutnya, meninjau lokasi pembangunan embung yang berlokasi di Desa Kebun Sayur, Bunyu. Tahun ini, dikatakan Gubernur memasuki tahap dua pembangunan embung tersebut. Dengan alokasi anggaran Rp 22,5 miliar dari APBN. Embung tersebut, apabila sudah jadi akan dimanfaatkan untuk multifungsi. Seperti di antaranya untuk pengendalian banjir, irigasi, pemenuhan bahan baku air bersih. Bahkan bisa menjadi objek wisata. “Kita targetkan tahun depan sudah bisa selesai dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Tadi dari laporan ada sedikit kendala karena pemberian ganti rugi tanam tumbuh yang belum dibayar. Tapi Alhamdulillah sudah klir, menurut staf dalam satu dua Minggu ini sudah bisa dibayarkan,” beber Irianto.

Tinjauan lain, yakni lokasi pembangunan jalan lingkar Bunyu. Jalan ini dibangun oleh Pemprov Kaltara melalui APBD sejak 2017. Saat ini memang baru tahap pembukaan dan pembuatan badan jalan, dan itu pun belum tembus 100 persen. “Secara bertahap pembangunan jalan yang merupakan permintaan masyarakat Bunyu ini akan terus kita lakukan, hingga selesai dan bisa difungsikan,” kata Gubernur.

Tak hanya meninjau proyek, dalam kunjungannya ke Bunyu, Gubernur juga sempat singgah di kantor salah satu perusahaan batubara yang ada di Bunyu, yaitu PT Lamindo Inter Multikon (LIM), sekaligus bertemu dengan jajaran manajemennya.

19 Kunker 11 300x223 - Ke Bunyu, Gubernur Tinjau Jalan, Lokasi Pelabuhan Hingga Embung
JALAN LINGKAR BUNYU : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat mendengar penjelasan progress pembangunan Ring Road Bunyu Segmen 1 dan 2, Sabtu (17/11) siang.

“Sebelum kembali ke Tarakan, kita meninjau Sungai Buaya. Sungai ini rencananya akan dilakukan normalisasi, agar bisa kembali bisa digunakan masyarakat untuk alur keluar masuk kapal. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 35 miliar. Untuk turap, pengerukan dan kegiatan lainnya,” kata Irianto.

Gubernur juga mengecek lokasi calon dermaga atau pelabuhan Bunyu. Menurut laporan dari Kepala Dishub Kaltara, studi kelayakan sudah dilakukan melalui Kementerian Perhubungan atas koordinasi dengan Dishub Provinsi. Tahun depan direncanakan mulai studi AMDAL. Pembangunan dermaga ditarget bisa dimulai pada 2020. “Kita juga sudah melakukan ke Kementerian Perhubungan, agar bisa mensupport pendanaan untuk pembangunan pelabuhan di Bunyu. Dan Alhamdulillah, oleh kementerian sangat respons. Bahkan Pelabuhan Bunyu dikabarkan memang sudah masuk perencanaan dari Kemenhub,” katanya.(humas)

 

 

Add comment