Birukuning
IMG 20181005 WA0068 - UPACARA PARADE HUT TNI KE-73 TAHUN 2018 DIGELAR DI LAPANGAN PELABUHAN MALUNDUNG KOTA TARAKAN

UPACARA PARADE HUT TNI KE-73 TAHUN 2018 DIGELAR DI LAPANGAN PELABUHAN MALUNDUNG KOTA TARAKAN

TARAKAN – Dalam rangka memperingati Dirgahayu Tentara nasional yang ke 73 Tahun bertempat di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, Seluruh Prajurit TNI se-kota Tarakan menggelar upacara yang dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A. dengan tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Bertindak sebagai inspektur upacara Danlantamal XIII membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., beliau menyampaikan, Selain menghadapi kompleksitas tantangan TNI ke depan, kita juga harus menghadapi gejolak alam yang terjadi akhir akhir ini. TNI sebagai satuan yang siaga di masa damai harus membantu Pemerintah menanggulangi bencana yang terjadi di berbagai daerah. Pada tahun 2018 ini TNI telah terlibat dalam penanggulangan bencana di berbagai daerah. seperti kejadian luar biasa gizi buruk di Asmat Papua, letusan gunung Agung di Bali, kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, gempa bumi di Lombok, dan saat ini gempa bumi di Palu.

Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah membantu Pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut,pengamanan wilayah udara, serta terlibat dalam pengamanan even-even strategis nasional dan internasional, seperti pengamanan Asian Games, Asian Para Games, dan pengamanan sidang tahunan lMF-World Bank di Bali. Tantangan masa kini yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah hirup-pikuk kehidupan politik dan demokrasi bangsa Indonesia. Namun demikian diharapkan proses demokrasi tersebut tidak menimbulkan ancaman disintegrasi bangsa.

Saat di temui awak titahtimurpress.co.id usai upacara judijanto mengungkapkan momentum peringatan HUT TNI yang ke 73 di rangkaikan dengan bazar dan pameran persenjataan yang di miliki TNI,selain itu jendral bintang satu ini juga menjelaskan bahwa perlu adanya sinergi antara TNI,Polri dan pemerintah daerah sehingga seluruh tantangan yang hadapi muda di selesaikan mengingat kaltara berbatasan dengan negara lain”pungkasnya.

Di tempat yang sama wagub kaltara H.udin Hianggio mengatakan bahwa kaltara di duga menjadi jalur internasional peredaran narkoba sehingga aparat di tuntut menindak tegas oknum dan memutus matai rantai yang di temukan”tegasnya..

Hadir dalam pelaksanaan upacara yakni walikota tarakan, Wakil Gubernur Kaltara, Kapolda Kaltara,anggota DPRD Prov Kaltara, anggota DPRD Kota Tarakan,Kepala BNN Provinsi Kaltara dan seluruh pimpinan TNI yang ada di kota tarakan.(Dis/Mal)

Add comment