Birukuning
IMG 20180925 112713 - SOA BARANG KE PERBATASAN TEREALISASI 90 PERSEN

SOA BARANG KE PERBATASAN TEREALISASI 90 PERSEN

Di sektor lain, masih dalam upaya membantu masyarakat di perbatasan Kaltara, Pemprov melalui APBD mengalokasikan dana untuk memberikan SOA barang.

Pada 2018 ini, melalui APBD dialokasikan Rp 9 miliar untuk program SOA barang ke sejumlah kecamatan di wilayah perbatasan Kabupaten Malinau dan Nunukan. Program ini bertujuan untuk mengurani disparitas harga. Utamanya harga kebutuhan pokok.

Dalam realisasinya, Pemprov Kaltara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop-UMKM) telah menyelesaikan di beberapa kecamatan. Rata-rata realisasinya sekitar 90 persen.

Tahun ini, disampaikan Gubernur, sesuai laporan Disperindagkop, program SOA barang menambah 2 kecamatan yang belum tercover di tahun sebelumnya. Yakni, Kayan Selatan dan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau.

Dikatakan, SOA barang 2018 menggunakan akses darat, air dan udara. Untuk akses udara, SOA barang ini sudah mulai dilakukan pada Juli 2018 lalu. Dengan realisasi yang telah mencapai 70 persen, dan ditargetkan akhir September 2018 mendatang, realisasinya akan selesai 100 persen. “Pemenang SOA barang akses udara yakni PT Aviastar Mandiri sebuah perusahaan yang bergerak di bidang maskapai penerbangan dan salah satu yang terbesar di Indonesia, dengan kapasitas angkut mencapai 1,2 ton,” kata Gubernur, didampingi Hartono Kepala Disperindagkop-UMKM Kaltara.

Sebelumnya, pada 2017, SOA Barang hanya menjangkau 5 kecamatan. Yaitu 3 kecamatan di Nunukan, yakni Krayan Induk, Krayan Selatan dan Lumbis Ogong dan 2 kecamatan di Malinau. Yakni, Kayan Hilir dan Mentarang Hulu. “Dengan adanya SOA barang ini, harapannya harga di wilayah perbatasan bisa sama dengan harga pada tingkat agen,” tutupnya.(humas)

Add comment