Birukuning
IMG 20180815 WA0020 - Terkendala Aturan, Koperasi Produsen Kaltara Berhasil Kembangkan Budidaya Kepiting Bakau

Terkendala Aturan, Koperasi Produsen Kaltara Berhasil Kembangkan Budidaya Kepiting Bakau

Tarakan, birukuning.com – Koperasi produsen kalimantan utara berhasil melaksanakan panen raya perdana dari hasil budidaya kepiting yang telah di lakukan, Rabu, 16/08/2018

Kepiting yang di panen tersebut merupakan hasil penetasan dari induk kepiting yang dilakukan, terhitung sejak bulan februari 2018, koperasi produsen kaltara melakukan penetasan Larva kepiting samai menjadi bibit kepiting, kemudian di bagikan kepada anggota koperasi dan para pembudidaya kepiting untuk di lakukan pembesaran.

Penasehat hukum produsen nelayan kaltara Mangatur Nainggolang dalam sambutannya menyampaikan keberhasilan panen raya perdana. Akan tetapi dari pihak koperasi masih memiliki hambatan terutama tentang aturan permen 56 tahun 2016.

Disatu sisi aturan ini memiliki dampak Bahwa kepiting, udang atau lobster di alam akan bertambah banyak di alam, akan tetapi dari sektor hukum ekonomi, masyarakat memiliki banyak hambatan terutama dalam menjual hasil budidayanya. Ucapnya.

Mangatur nainggolang Juga menjelaskan bahwa hari ini koperasi membuktikan dengan dilakukakannya panen raya kepiting hasil budidaya.

Kegiatan hari ini membuktikan bahwa banyak potensi di kaltara yang bisa kita kembangkan, terutama di bidang budidaya, sehingga kami berharap permen 56 tahun 2016 di revisi, harus ada pengecualian tersendiri untuk para pembudidaya. Tutupnya

IMG 20180815 WA0018 300x200 - Terkendala Aturan, Koperasi Produsen Kaltara Berhasil Kembangkan Budidaya Kepiting Bakau

Sementara itu Kapolda Kaltara yang diwakili oleh wakapolda Kaltara Kombes Pol Zainal Arifin Paliwang menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas suksesnya panen raya perdana koperasi produsen nelayan kaltara
“saya masih ingat beberapa waktu yang lalu anggota koperasi nelayan datang dan berdiskusi dengan saya terkait dengan peraturan yang menghambat budidaya, kemudian saya sampaikan ke mereka mari kita buktikan bahwa kita bisa membudidayakan kepiting, dan alhamdulillah hari ini koperasi ini membuktikan bahwa kita bisa,”

Kita Sangat Bangga Dengan Koperasi Nelayan Kaltara Yang Telah Bekerja-sama Dengan Balai Besar Budidaya Air Payau Jepara, Sehingga Berhasil Dalam Membudidayakan Kepiting Bakau, Sehingga Kepiting Tidak Punah” Ujarnya. Lanjutnya Ia Menyampaikan

” Selamat Dan Sukses Kepada Koperasi Produsen Nelayan Kaltara atas Keberhasilan yang Mereka Lakukan Dalam Budidaya Kepiting Di tambak Air Payau Dan Semoga Insyaallah Panen Budidaya Kepiting Ini Dapat Berkelanjutan sehingga Kaltara Pada Umumnya Khususnya Kota Tarakan bisa Menjadi Produsen Kepiting Terbanyak bukan Hanya Di indonesia Tapi Di Dunia”

Senada dengan itu, kepala balai budidaya air payau jepara sugeng raharjo menyampaikan bahwa kepiting tarakan mendapatkan pengakuan dari negara asia dan uni eropa bahwa kepiting tarakan adalah kepiting terbaik Nomor 1 di dunia.

Sekitar 2 Minggu Yang Lalu, Saya Dari Yunani dan Turki Untuk Melakukan Studi Banding Tentang Kerambah Jaring Apung Lepas Pantai Disitu, Saya Bersama Dengan orang Cina,Taiwan, Filipina Dan Semua Negara Asia Dan Uni Eropa, Mereka Menyampaikan Kepada Saya Bahwa Kepiting Tarakan Adalah Kepiting Terbaik 1 Dunia” Tutup, Sugeng Raharjo Pada saat Sambutannya (RA)

Add comment