Birukuning
17 foto lepas 4 - Kaltara Akan Bangun 3 Pasar Modern

Kaltara Akan Bangun 3 Pasar Modern

Tanjung Selor, Birukuning.com – Upaya mewujudkan sentra ekonomi baru di Kaltara, dilakukan Disperindagkop-UMKM Kaltara dengan membangun 3 pasar modern di sejumlah wilayah. Yakni, pasar modern di Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan.

Kepala Disperindagkop-UKM Katara Hartono mengatakan, pasar tersebut akan dibangun pada lahan seluas 2 hektare. Pasar ini akan menjadi salah satu pusat jual-beli terbesar di Kaltara dan akan dikerjakan secara bertahap. “Tahap pertama dengan nilai Rp 13,2 milar progress fisiknya sudah mencapai 60 persen,” urai Hartono.

Di tahap I, dilakukan kegiatan pemetangan lahan, penimbunan, pondasi, pemancangan sampai dengan kerangka bangunan. Sementara, tahap kedua, yakni pada 2019 juga menggunakan APBD Provinsi Kaltara dianggarkan sebesar Rp 25 milar untuk finishing sampai dengan bangunan siap digunakan. “Pengerjaan tahap I sudah mencapai 60 persen. Tahun depan tinggal finishing saja, insyallah akhir 2019 pasar sudah diresmikan sekaligus dioperasikan,” urai Hartono. Pasar ini bakal menampung seluruh pelaku usaha di Kaltara. Gedungnya kelak bertipe satu lantai yang dilengkapi dengan rumah toko (Ruko), pasar kering dan pasar basah.

Selain membangun Pasar Panca Agung, adapula pasar yang akan dibangun lewat APBD Kaltara. Yakni Pasar Bunyu, Kabupaten Bulungan dan Pasar Sebatik di Nunukan. “Keduanya merupakan kegiatan revitalisasi pasar yang ditargetkan pelelangannya di 2019,” tutupnya.(humas)

Add comment