Birukuning
IMG 20180807 WA0026 - Harga Udang Anjlok. Dprd Akan Komunikasikan Ke Kementrian

Harga Udang Anjlok. Dprd Akan Komunikasikan Ke Kementrian

Tarakan, birukuning.com | Dprd kota tarakan setelah menerima kunjungan dari forum gerakan pembela tani tambak langsung mengambil langkah-langkah untuk mencari solusi penyelesaian yang disampaikan forum tersebut ke DPRD Kota Tarakan.

Mudain selaku wakil ketua 1 dprd kota tarakan saat di temui awak media menyampaikan kronologis dan kemungkinan anjloknya harga udang dalam kurung waktu 3 bulan terakhir.

Mudain juga menyampaikan apa yang disampaikan oleh forum kepada kami.  Menurut hitung-hitungan matematis yang disampaikam oleh pengusaha tambak kita harga udang di pengaruhi oleh harga dollar, pada tahun 2010 harga udang mencapai Rp.300.000 sampai Rp.400.00 dengan nilai dollar Rp.6.000, na saat ini nilai dollar tembus diangka Rp.14.000 sehingga harga udang kisaran Rp.100.000 sampai Rp.150.000, kemudian harga komisi yangbtimpang dimana harga komisi jauh lebih besar di bndingkan harga udang. Hal tersebut membuat kecurigaan bagi petani tambak bahwa ada yang memainkan harga udang atau mafia.

Berdasarkan hal tersebut kami dari DPRD kotabtarakan melakukan berbagai upaya, karna menurut uu no 23 tahun 2014 tentang perikanan kewenangannya ada di pusat dan di provinsi, sehingga kami inisiatif merekomendasikan kepada DPRD PROV KALTARA , untuk mengangkat persoalan ini menjadi persoalan provinsi.

Selain itu kami juga akan menyurat kedinas kelautan dan perikanan prov kaltara atas nama gubernur, agar gubernur melalui dinas kelautan dan perikanan mengangkat persoalan ini, karna hal ini terjadi di kalimantan utara.

Tidak hanya itu kmi juga akan mencoba berkomunikasi dengan kementrian di jakarta melalui direktur pemasaran DKP untuk mempertanyakan tentang regulasi yang mengatur penetapan harga, sehingga harga ini tidak diserahkan kepada pasar. Tutupnya.

Add comment