Birukuning
IMG 20180829 WA0009 - DitPolair Kaltara Amankan Barang Ilegal Asal Tawau-Malaysia

DitPolair Kaltara Amankan Barang Ilegal Asal Tawau-Malaysia

TARAKAN, birukuning.com –  DitPolair Polda Kaltara di sebatik perbatasan malaysia mengamankan sebuah Kapal yang di duga memuat barang – barang sembako dari Tawau Malaysia saat melakukan patroli rutin di perairan sebatik

Kapal yang bermuatan barang sembako tersebut diamankan oleh DitPolair karna tidak dilengkapi dengan surat atau dokumen resmi.

Menurut Informasi Sekitar pukul 01.15 wita (26/08/ 2018), DitPolair mengamankan 1 unit kapal dengan 3 mesin penggerak 40 PK dan nomor lambung TW 5043/6/C saat melakukan patroli rutin di perairan Sei Pancang sebatik Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, tepatnya di titik kordinat 4.09’844″LU 217.55’388″ BT.

Sejumlah barang bukti seperti kapal, gula, tabung gas, daging, sosis, bawang putih, beras dan beberapa barang bukti lainnya sudah di amankan di Mako Dit Polairud Polda Kaltara, selain itu, Khairul alias Ahong warga Sebatik Utara Nunukan ( Nahkoda ) dan Bakri warga Sebatik Nunukan ( Pemilik kapal ) serta 3 buruh kapal atas nama Yusriadi, Hamzah, Aris juga ikut diamankan dan masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh penyidik.

Kombes Pol Heri Sasongko Dir Polairud Polda Kaltara membenarkan terkait penangkapan kapal yang memuat barang-barang sembako ilegal dari Tawau Malaysia.

” Berdasarakan hasil lidik anggota dalam beberapa hari belakangan ini akhirnya membuahkan hasil, anggota kembali mengamankan barang selundupan yang masuk ke wilayah kita” jelasnya.

Heri menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan patroli rutin khususnya di perairan Nunukan yang rawan dengan masuknya barang-barang ilegal termasuk narkoba yang akan menjadi prioritas dalam giat yang dilakukan.

” kami akan tindak tegas, siappun yang melakukan pelanggaran hukum diwilayah perairan hukum kita, dengan 3 kapal patroli yang kita fungsikan semua diharapkan bisa mencegah tindak kejahatan dan penyelundupan di perairan Kaltara, tutupnya.

(Hms)

Add comment