Birukuning
IMG 20180612 WA0059 - DPT PILWALI TARAKAN BERTAMBAH, JADI 133.345 JIWA

DPT PILWALI TARAKAN BERTAMBAH, JADI 133.345 JIWA

TARAKAN – Jumlah daftar pemilih tetap Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tarakan, kembali bertambah sebanyak 320 jiwa di Kelurahan Juata Krikil. Penambahan tersebut, membuat DPT Pilwali Kota menjadi 133.345 jiwa dari sebelumnya hanya 133.025 jiwa.

Perubahan jumlah DPT tersebut, diputuskan dalam Rapat Pleno Penetapan Ulang DPT pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tarakan yang dilaksanakan di ruang kenawai Kantor Pemerintah Kota Tarakan Senin (11/06/18).

Perubahan DPT dilakukan, berdasarkan dari evaluasi yang dilakukan KPU dan masukan dari masyarakat. Ternyata dari masukan tersebut, terdapat satu Kelurahan yang cukup signifikan daftar pemilihnya tercecer. Jumlahnya yang tidak masuk mencapai 320 jiwa pemilih atau 12,5 persen jumlah pemilih yang ada di Kelurahan Juata Krikil dari total jumlah pemilih sebanyak 3000 jiwa, Kata Ketua KPU Kota Tarakan Teguh Dwi Subagyo setelah penetapan DPT.

Berdasarkan hasil pendataan dilapangan dan penetapan Daftar Pemilih Sementara sebelumnya, sebenarnya data pemilih yang tidak masuk di DPT sudah tercatat. Namun saat dimasukan ke dalam sistem informasi data pemilih ada penolakan.

“Pleno terbuka ini, bagian keterbukaan untuk mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan KPU. Jika tidak dilakukan perubahan, dampaknya terhadap surat suara di tambah 2,5 persen sangat riskan.

Setelah dilakukan koordinasi dengan KPU Propinsi Kalimantan Utara dan KPU RI serta Badan Pengawas Pemilu Kota Tarakan, masih memungkinan untuk dilakukan pencetakan surat suara karena surat suara kekurangan dan kerusakan hasil sortir dan pelipatan belum dicetak, Ujar Teguh.

KPU Kota Tarakan Sudah berkomunikasi dengan pihak percetakan untuk penambahan surat suara kurangan dan kerusakan sekaligus penambahan baru. Sehingga pencetakan bisa dilakukan bersamaan. KPU berharap, kekurangan surat suara sudah ada di Kota Tarakan sebelum pencoblosan 27 juni 2018.

aripudding

Add comment