Birukuning
IMG 20180605 WA0055 - Cegah masuknya Komoditas Pertanian Ilegal, TNI AL dan Karantina tingkatkan pengawasan

Cegah masuknya Komoditas Pertanian Ilegal, TNI AL dan Karantina tingkatkan pengawasan

TNI AL Dan Karantina Tarakan Mengamankan Daging Kerbau ilegal sebanyak 1.240 kg dari Tawau-Malaysia di Perairan Sebatik. (5/6)

TARAKAN – Menjelang Hari Raya idul fitri 1439 H, Diperkirakan masuknya komiditi pertanian dari luar negeri khususnya dari Tawau Malaysia secara ilegal di wilayah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara meningkat. Di hari-hari seperti ini, biasanya banyak dimanfaatkan oknum masyarakat untuk memasukan komoditi pertanian.

Mencegah kejadian tersebut, TNI AL dan Karantina Tarakan berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas komoditas pertanian. Hal ini sejalan dengan MoU yang telah disepakati antara Badan Karantina Pertanian dengan TNI AL.

Tim Reaksi Cepat XIII (RC XIII) Lanal Nunukan selasa dini hari (05/06/18) sekitar pukul 00.30 WITA, berhasil menggagalkan pemasukan daging kerbau secara ilegal sebanyak 1.240 kg dari Tawau-Malaysia di Perairan Sebatik. Daging kerbau, dibawa masuk ke sebatik menggunakan Speed Boat.

“Dari hasil pemeriksaan speed boat tersebut muatan daging kerbau tidak dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan. setelah koordinasi dengan karantina nunukan daging kerbau dari hasil penangkapan kami serahkan untuk diproses lebih lanjut. Sedangkan terhadap ABK dan speed boat kami amankan di Mako Lanal Nunukan”kata Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) M.Machri disela-sela penandatangan mou.

Daging tersebut, di serah terimakan dari Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) M.Machri kepada drh.Sapto Hudaya Penanggung Jawab Karantina Tarakan Wilayah Kerja Nunukan.

“Kami terus berupaya meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait guna mendukung pelaksanaan tindakan karantina. Penggagalan pemasukan daging kerbau secara ilegal merupakan salah satu implementasi MoU Badan Karantina Pertanian dengan TNI AL “ujar Sapto di Mako lanal Nunukan.

aripudding

Add comment