Birukuning
IMG 20180610 WA0028 - 889 LEMBAR SURAT SUARA RUSAK, SUDAH DIAJUKAN PERGANTIANNYA

889 LEMBAR SURAT SUARA RUSAK, SUDAH DIAJUKAN PERGANTIANNYA

TARAKAN – Dari hasil sortir dan pelipatan surat suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tarakan 2018, diketemukan sebanyak 889 lembar rusak. Sedangkan dari jumlah keseluruh kebutuhan surat suara untuk Pilkada Kota Tarakan, masih ada kekurangan 1.654 lembar.

Setelah dilakukan sortir dan pelipatan surat suara, ternyata diketahui jumlah surat suara yang di cetak masih kurang. Total jumlah surat suara yang dicetak dari PT. Temperina Media Grafika di Gresik Jawa Timur, hanya 135.735 lembar. Sedangkan kebutuhannya surat suara untuk pencoblosan sesuai jumlah daftar pemilih tetap pilkada kota tarakan 2018, sebanyak 136.500 lembar, Kata Rika Riasari Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Tarakan saat ditemukan di Kantornya (09/06/18).

Surat suara yang sudah di sortir dan dilipat, yang kondisinya baik jumlahnya sebanyak 134.846 lembar. Sementara surat suara rusak, diketemukan sebanyak 889 lembar. Kondisi kerusakannya tersebut ada beberapa kriteria diantaranya surat suara robek, terdapat bekas terlipat yang tidak sesuai lipatan, ada noda tertentu dan kerusakan lainnya.

Meminta ganti kekurangan dan kerusakan surat suara yang rusak, KPU sudah menghubungi percetakan untuk di cetak ulang kekurangan tersebut.

Dari informasi terakhir dengan pihak percetakan mereka masih mereka seluruh Kabupaten dan Kota yang surat suaranya masih kurang sebelum nanti dilakukan percetakan bersama-sama. Kekurangan surat suara, sebelum pencoblosan 27 juni 2018 sudah harus ada di Kota Tarakan, tambah Rika.

KPU Kota Tarakan Tidak hanya mempersiapkan surat suara, tetapi juga logistik lainnya.

Sekarang ini, sebagian besar logistik sudah tersedia hanya tersisa templet. Rencananya, mulai 21 juni 2018 KPU akan melakukan pengepakan kotak suara.

Saat ini, KPU juga sedang mengecek ulang undangan C6 yang sudah dicetak sesuai nama pemilih di setiap kelurahan. Pembagian undangan C6, mulai 12 juni 2018 sudah harus dibagikan ke masyarakat.

aripudding

Add comment