Birukuning

Irianto Lambrie – Majukan Ekonomi Melalui Wirausaha

FB IMG 1517816020532 - Irianto Lambrie - Majukan Ekonomi Melalui Wirausaha

birukuning.com, KALTARA – Gubernur kalimantan utara (KALTARA) Irianto Lambrie membuka Workshop UMKM dan Pelatihan Budidaya Merica Perdu Hibrida bagi Pondok Pesantren dan Lembaga Keagamaan Islam se Kalimantan Utara di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Bulungan. Senin (5/2/2018)

melalui akun facebooknya, gubernur kalimantan utara menyampaikan bahwa kita harus belajar dari sejarah-sejarah negara lain tentang bagaimana memajukan daerah dan negara indonesia.

“Pada kesempatan ini saya tidak memberikan arahan, akan tetapi lebih menekankan untuk berbagi pengalaman kepada para peserta. “Belajar dari masa lalu. Belajar dengan sejarah negara-negara lain yang sekarang maju”. tulis Irianto di akun facebooknya

Dulu China adalah negara miskin, tapi sekarang maju pesat. Ini yang perlu kita belajar, kenapa bisa demikian. Setelah dipelajari, ternyata kuncinya ada pada mindset atau pola pikir masyarakatnya. Sikap malas, jorok, tidak disiplin berhasil diubah menjadi rajin, pekerja keras dan disiplin. Mereka kemudian berhasil menjadi wira usaha yang tangguh, sehingga menbuat ekonomi kerakyatan yang kuat.Bahkan sekarang China menjadi negara terkuat di dunia dari sisi ekonomi.

Kedua Jepang. Ratusan tahun lalu, Jepang juga masih susah. Tapi sekarang sangat maju.
Ini dimulai dari masa kepemimpinan Kaisar Meiji atau yang kerap disebut, Meiki Restorasi.

Sama dengan di China, untuk memajukan Jepang juga dimulai dengan perubahan mindset masyarakatnya. Di Jepang, sangat menghargai waktu. Untuk itulah sekarang Jepang menjadi negara yang maju dan modern.

Belajar dari negara lain, sangat penting.Termasuk Korea Selatan. Bahkan di negara terdekat, seperti Malaysia, Singapura, Thailand.  Semua maju, karena warganya disiplin. Yang dimulai dengan mindset pola pikir yang maju.

Di Indonesia, 90 persen perekonomian dikuasai UMKM.  Tapi aset yang dikuasai hanya 10-an persen. Ini menjadi tantangan kita. Kenapa wira usaha di Indonesia tidak maju. Itu tadi, pola pikirnya yang perlu diubah. Wira usaha, modal utama pembangunan bangsa. ucap Irianto

Kalau wira usaha kuat, ekononi negara itu akan maju. Kuncinya adalah inovasi, kreatifitas, ketekunan, keuletan, serta kerja keras. Dan juga berdoa.

Di samping itu, yang lebih penting lagi adalah pola pikir (mindset), komunikasi yang baik dan konektifitas yang harus kita bangun. Ini bertujuan untuk pemasaran.

Saya ucapkan selamat berlatih, manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Ikuti dan implementasikan ilmu yang diperoleh dari para nara sumber. Tutup Irianto

birukuning

Add comment