Birukuning

Selamat Ulang Tahun Kopriku

IMG 20171124 WA0016 - Selamat Ulang Tahun Kopriku
Oleh Imran Alwi

BiruKuning.com fakfak – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan pelaksanaan Harlah ke-Emasan yang ke 50 Tahun Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri ( KOPRI ), saya IMRAN ALWI Kader PMII asal Cabang Kabupaten Fakfak, komisariat STAI Al – Mahdi Fakfak, Papua Barat dgn ini Mengucapkan Happy Milad yg ke 50 tahun untuk Kopri PMII Se-Nusantara ( 25 November 2017 ).
Perjalanan sejarah organisasi yang bernama Korps PMII Putri yang disingkat KOPRI mengalami proses yang panjang dan dinamis. KOPRI berdiri pada kongres III PMII pada tanggal 7-11 Februari 1967 di Malang Jawa Timur dalam bentuk Departemen Keputrian dengan berkedudukan di Surabaya Jawa Timur dan lahir bersamaan Mukernas II PMII di Semarang Jawa Tengah pada tanggal 25 September 1976. Musyawarah Nasional pertama Korps PMII Putri pada kongres IV PMII 1970. Kopri mengalami keputusan yang pahit ketika status KOPRI dibubarkan melalui voting beda suara pada kongres VII di Medan.
Merasa pengalaman pahit itu terasa, bahwa kader-kader perempuan PMII pasca kongres di Medan mengalami stagnasi yang berkepanjangan dan tidak menentu, oleh sebab itu kader-kader perempuan PMII mengganggap perlu dibentuknya wadah kembali, kongres XIII di Kutai Kertanegara Kalimantan Timur pada tanggal 16-21 April 2003 sebagai momentum yang tepat untuk memprakarsai adanya wadah. Maka, terbentuklah POKJA perempuan dan kemudian lahirlah kembali KOPRI di Jakarta pada tanggal 29 September 2003 karena semakin tajam semangat kader perempuan PMII maka pada kongres di Bogor tanggal 26-31 Mei tahun 2005 terjadi perbedaan kebutuhan maka terjadi voting atas status KOPRI denga suara terbanyak menyatakan KOPRI adalah Otonom sekaligus memilih ketua umum PB KOPRI secara langsung sehingga  terpilih dalam kongres sahabati Ai maryati Shalihah.
Korps PMII Puteri disingkat KOPRI merupakan wadah pemberdayaan perempuan PMII. KOPRI merupakan badan semi otonom PMII yang mempunyai kekhususan untuk membentuk struktur organisasi secara hirarkis, pola hubungan, mekanisme pemilihan, tata administrasi dan menangani isu perempuan secara umum.

birukuning

Add comment