Beranda Sosok MENGENAL LEBIH DEKAT PERJALAN KARIER FIRMANANUR SEKDA KOTA TARAKAN

MENGENAL LEBIH DEKAT PERJALAN KARIER FIRMANANUR SEKDA KOTA TARAKAN

 birukuning.com – Sosok- Dia adalah FIRMANANUR Pria kelahiran Tarakan, 23 November 1969 pasangan dari (Alm) Bustaman dan (Alm) Hj. SALMAN,  Walaupun beliau lahir ditarakan, Firmananur menyelesaikan Pendidikan SD dikabupaten Nunukan pada tahun 1982, kemudian  melanjutkan sekolahnya di jenjang SMP 1985 dan SMA ditrakan pada tahun 1988.
Semasa sekolah ia sangat aktif didalam hal berorganisasi,  seperti  OSIS,  aktif di OSIS membuat dia memiliki segudang pengalaman dalam memimpin sebuah organisasi.
Diawal karirnya,  sempat magang di Kabupaten Bulungan tepatnya di Tarakan (saat itu tarakan masih menjadi kota administratif) selama 6 bulan,  setelah magang beliau ditempatkan di Tarakan Barat sebagai staf. Tidak lama menjadi staf di kecamatan tarakan Barat,  beliau di tunjuk langsung oleh bupati Bulungan untuk menjadi pelaksana tugas kepala desa juata laut.
Kurang lebih 1,5 tahun menjabat sebagai kepala desa juata laut,  beliau melanjutkan studi sarjananya di Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta pada tahun 1995. Beliau menyelesaikan studinya selama 2 tahun.
Beliau juga pernah menjabat sebagai Kasubag Protokol selama setahun dan kemudian menjadi kepala Bagian Humas Kota Tarakan (waktu itu tarakan sudah beralih dari kota administratif menjadi kota madya).
Beliau hanya sebulan menjadi Kepala Humas Tarakan dikarenakan beliau di percayakan dan diberi kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2,  saat itu beliau melanjutkan S2 nya di jakarta  pada tahun 1999.
Setelah beliau menyelesaikan S2 nya pada tahun 2001,  beliau kembali ketarakan dan menjadi Kepala Kecamatan Tarakan Barat selama 2 tahun. Setelah itu ia menempati berbagai macam amanah dibidang pemerintahan seperti kepala Bagian pemerintahan, kepala bagian Umum dan perlengkapan,  serta menjadi kepala bidang di BKD.
Selama menjabat kursi pemerintahan tersebut,  melalui tangan dan femikirannya kota tarakan  mendapatkan penghargaan  Piala Citra Pelayanan Prima yang langsung diberikan oleh PRESIDEN RI  Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008.
Piala ini didapatkan karena inovasi beliau untuk membuat suatu program yang berisikan data-data dari pegawainya,  sehingga ketika dara mereka di perlukan,  mereka tidak perlu repot untuk membuat ulang,  cukup mendownload datanya saja dari aplikasi tersebut.
Selain itu FIRMANANUR pernah juga menjabat sebagai kepala Dinas pendidikan kota tarakan, Walaupun beliau tergolong baru dalam hal ini,  akan tetapi beliau mensyukuri karna disana beliau bisa memperluas wawasannya.
Disana ia membuat beberapa perubahan,  beliau membuat Kantor Dinas Pendidikan Menjadi contoh lingkungan pendidikan  yang baik,  beliau berupaya untuk menata bangunan,  ruangan,  perkiran dan kantin kantor.
Semasa beliau menjadi KADIS Pendidikan kota tarakan,  berbagai prestasi pun di dapatkan termasuk membuat beberapa sekolah di Tarakan menjadi sekolah Adittiyawan,  dan inovasi ini dilanjutkan ketika menjabat sebagai KADIS lingkungan hidup dengan membuat jalur khusus untuk sepeda.
Pria dengan hobi bermain olahraga GOLF ini sempat memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan studi ke dunia perkuliahan,  saat itu beliau sangat menginginka  menjadi mahasiswa pertanian,  namun kondisi ekonomi keluarganya sehingga dia harus mengubur dalam-dalam mimpinya tersebut,  dan memilih memasuki akademi pemerintahan.
BERBAGI