Birukuning

KSOP Tarakan Sudah Melakukan Tugasnya Sesuai Perundang-undangan

18 23 52 images 1509881254918 - KSOP Tarakan Sudah Melakukan Tugasnya Sesuai Perundang-undangan

birukuning.com Tarakan. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tarakan  mendapat isu miring terkait dengan proses pengukuran kapal yang dilakukan.

KSOP tarakan sudah melakukan mekanisme dan peraturan yang berlaku untuk masalah pengukuran kapal, sistem pengukuran kapal sudah sesuai dengan Permen No 8 Tahun 2013 tentang pengukuran kapal.

Adapun yang terjadi terkait isu miring tersebut karna terjadinya miskomunikasi antara pemilik kapal dan pihak KSOP Tarakan. Awalnya pemilik kapal sudah mengantingi surat izin,  akan tetapi izin itu gugur dengan sendirinya karna pemilik kapal mengalih fungsikan kapalnya.

Awalnya kapal itu  GT 7 kemudian diperbesar oleh pemilik kapal menjadi GT 8, atau kapal sebelumnya adalah kapal barang kemudian  berubah menjadi kapal nelayan,  ini harus kami ukur ulang seperti yang tertuang dalam Permen No 8 tahun 2013. Ujar Saharuddin Saat di temui di ruangan kerjanya.

Saat ditanya terkait masalah isu miring yang beredar, pihak KSOP Tarakan menanggapinya santai.

Pihak KSOP tarakan menyatakan sudah bertemu dan menjelaskan kepada pemilik kapal terkait masalah yang terjadi dan mekanisme yang dilakukan oleh pihak KSOP tarakan tentang pengukuran kapal, dan mereka baru bisa memahami tentang Peraturan tersebut setelah dilakukan pertemuan,  hal ini terjadi karna pada saat pengurusan surat-surat tersebut tidak dilakukan secara langsung tetapi diwakilkan kepada anaknya.

Di lain sisi kami juga harus mengawal sekitar ribuan kapal yang ada, Namun, kekurangan SDM ukur kapal membuat layanan pengurusan izin menjadi terlambat.

Meski perpanjangan izin kapal tidak harus dengan pengukuran ulang, tetapi harus ada pemeriksaan ulang oleh teknisi bersertifikat untuk memastikan keamanan dan spesifikasi kapal tidak berubah.

“Untuk melakukan pengukuran harus oleh tenaga ahli yang bersertifikasi, sementara kita hanya memiliki 1 orang tukang ukur,” ujarnya.

birukuning

Add comment