Birukuning

PERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN NUNUKAN SIAP MENGGELAR AKSI KEBANGSAAN PEREGURUAN TINGGI MELAWAN RADIKALISME DAN INTOLERANSI

IMG 20171028 WA0000 - PERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN NUNUKAN SIAP MENGGELAR AKSI KEBANGSAAN PEREGURUAN TINGGI MELAWAN RADIKALISME DAN INTOLERANSI
birukuning.com – Nunukan, 28 Oktober  2017 – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Khaldun Nunukan dan PDD Politeknik Negeri Nunukan merupakan dua Perguruan Tinggi di Kabupaten Nunukan yang akan melaksanakan deklarasi untuk melawan Radikalisme dan Intoleransi.
Kegiatan Aksi kebangsaan perguruan tinggi ini dilakukan bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda 28 oktober. Selain itu kegiatan ini juga disandingkan dengan kuliah akbar Perguruan Tinggi STIT Ibnu Khaldun Nunukan dan PDD Politeknik Negeri Nunukan dengan tema Kuliah “Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme dan Intoleransi”.
Kedua Perguruan Tinggi ini mengambil kesepakatan tersebut ketika pertemuan rapat di aula rapat Kampus PDD Politeknik Negeri Nunukan, Selasa (24/10/2017). Direncanakan sekitar 700-an mahasiswa akan berkumpul di Tugu Dwi Kora Alun-Alun Kota Nunukan pukul 03.30 wita sore nanti untuk melakukan ikrar dan menggelar kuliah akbar nanti” ujar Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Rahman.
IMG 20171028 WA0001 - PERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN NUNUKAN SIAP MENGGELAR AKSI KEBANGSAAN PEREGURUAN TINGGI MELAWAN RADIKALISME DAN INTOLERANSI
Lanjutnya, kegiatan ini nantinya akan dihadiri oleh  Bupati Nunukan, Kodim 0911 Nunukan, Danlanal Nunukan, dan Kapolres Nunukan. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah akbar yakni orasi kebhinekaan yang akan disampaikan Dosen STIT Ibnu Khaldun Nunukan (Pahmudin, S.Ag, M.Pd.I) dan Dosen PDD Politeknik Negeri Nunukan (Hj. Nur Aida, SE, MM). Dan terakhir Orasi Kebangsaan dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa yakni Ahmad Abdul Rohman dari STIT Ibnu Khaldun Nunukan dan Muhammad Rajab dari PDD Politeknik Negeri Nunukan.” Kata Ketua Panitia.
“Rencananya memang digelar di tempat terbuka dengan melibatkan ratusan mahasiswa, civitas akademika, dan dosen yang berasal dari dua perguruan tinggi di kabupaten nunukan serta mengundang pihak-pihak pemerintah kabupaten nunukan, tentara nasional indonesia di Nunukan dan Kepolisian RI di Nunukan yang sepakat untuk membentengi dan menjaga keutuhan NKRI dari berbagai isu Suku Agama dan Ras (SARA), kebencian, fitnah adu domba, anti Pancasila dan NKRI” Ujar Kaprodi STIT Ibnu Khaldun Nunukan, Pahmudin.
“Aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk penyadaran kepada para mahasiswa bahwa radikalisme merupakan ancaman yang nyata terhadap keutuhan NKRI. Dari sini kita harus memperlihatkan bahwa mahasiswa di Kabupaten Nunukan (Tanah Pinggiran Indonesia) menunjukkan bahwa mahasiswa harus cinta terhadap tanah air. Agenda ini memberikan ajakan kepada mahasiswa untuk mendeklarasikan diri bahwa urgennya untuk membentengi diri dari paha-paham radikalisme dan menjauhkan diri dari segala bentuk ajakan kebencian dan permusuhan serta adu domba” Ujar Dosen PDD Politeknik Negeri Nunukan, Hj. Nur Aida.
Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kuatnya semangat kebangsaan yang dimiliki oleh kedua Perguruan Tinggi di Kabupaten Nunukan untuk menangkal dan melawan segala bentuk tindakan yang akan meronrong keutuhan NKRI di Bumi Perbatasan / Pinggiran Indonesia. (*Astini/RA)

birukuning

Add comment