Birukuning

Indonesia, NU, dan Gerakan-gerakan Trasnasional Islam

5 - Indonesia, NU, dan Gerakan-gerakan Trasnasional Islam

C. Indonesia, NU, dan Gerakan-gerakan Trasnasional Islam


            Pembahasan terakhir dari mteri ini adalah memberikan tekanan fondasi keberaman masyarakat Indonesia (baik adat,suku,bahasa,dll) yang berdasarkan pancasila tentang posisi NU yang ikut merumuskan pancasila dan menjadi penyokong Negara kebangasaan(di tema lain sudah dijelaskan), lalu menggambarkan perbedaan dan persamaan NU dengan gerakan-gerakan transnasional ini, dan ancaman bagi Indonesia yang majemuk. Materi ini dengan sendirinya berhubungan dengan materi-materi sebelumnya yang membicarakan tentang Aswaja, Khittah NU, NU dan Pancasila, dan Sejarah social NU.


Khusus dalam materi ini , diberikan penekanan perbedaan-perbedaan antara ideologi NU dengangerakan –gerakan yang dipengaruhi oleh salafiyah wahhabi  dan neo/new-salafiyah wahhabi dengan bentuk gerakan tarbiyah IM,HTI,keluarga besar NII, dan sejenisnya.


            Sejak kelahirannya, bahwa kiprah NU dalam gerakan perjuaan kemerdekan dan gerkan cinta tanah air(hubbul wathan) cukup besar.Semenjak awal sebelum kem,erdekaan NU gigih dalam memperjuangkan identititas diri dalam melawan penjajah. Posisi dan figure Kiai dalam NU misalnya, merupakan kunci penting di dalam NU yang  notabene anggotanya adlah masyarakat perdesaan dan petani.


            Kyai melakukan pembelaan dan aksi protes terthadap berbagai bentuk kebijakan yang merugikan masyarakatnya. Pada masa pasca kemerdekaan, NU pernah berafiliasi dengan patrai Masyumi menjadi partai sendiri, dan di masa Orde Soeharto masuk PPP, dan akhirnya menarim diri dari politik dan keluar slogan NU tidak kem,ana-mana, tapi NU ada di m,ana-mana sejak tahun1984. Rumusannya kemudia disebut kembali ke Khittha NU. Pada saatitu NU dan kader-kader NU dituntut untuk responsip terhadap masalah-masalah mendasar bangsa seperti kem,iskinan kelaparan, perlu mengetahui neoliberalisme yangyang menjadi salah satu bagian dari praktik kebangasaan Indonesia mempengaruhi banyak segi kehidupan masyarakat, temasuk terhadap masyarakat NU. Atas dasar itu, perlu diberikan materi tentang’”NU gerakan Kebangasaan dan Neoliberlisme”  di dalam perlatihan-pelatihan kader NU.

birukuning

Add comment