Birukuning

PEREDARAN UANG RINGGIT DI SEBATIK

20206092 1773856989305963 2052173933 n - PEREDARAN UANG RINGGIT DI SEBATIK

“Peredaran Uang Ringgit Malaysia Berbanding Lurus Dengan Jumlah Komoditas Malaysia”


Pulau sebatik merupakan pulau yang dimiliki dua Negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Sehingga penduduk, mata uang, dan komoditasnya juga terbagi menjadi dua yaitu Indonesia dan Malaysia. Untuk wilayah sebatik Indonesia sendiri memiliki luas 246,1 km2 yang terdiri dari 5 kecamatan yaitu kecamatan sebatik, sebatik utara, sebatik tengah, sebatik timur, dan sebatik barat dengan pusat perdagangan terletak di sebatik timur.


Sejak penutupan jalur lintas batas dari pulau sebatik ke tawau Malaysia yang diberlakukan pemerintah Malaysia sejak 2012 lalu, maka jumlah komoditas Malaysia yang ada di pulau sebatik juga mengalami penurunan karena diperketatnya arus barang dan orang, hal tersebut juga mempengaruhi jumlah peredaran uang ringgit Malaysia yang ada dipulau sebatik dikarenakan sulitnya mendapat barang Malaysia sehingga pedagang lebih cenderung memasok produk-produk Indonesia dari nunukan maupun dari tarakan dan menggunakan mata uang rupiah sebagai transaksi
.

Adapun hal lain yang mempengaruhi jumlah peredaran uang ringgit Malaysia seperti menguatnya nilai tukar rupiah, jumlah pegawai negeri, pegawai BUMN dan bertambahnya Bank Umum yang akan kami bahas dalam tulisan selanjutnya. 

birukuning

Add comment