Birukuning

KONSEP DIRI

r2 - KONSEP DIRI

RASULULLAH SEBAGAI INSPIRATOR PERADABAN ISLAM

Nabi Muhammad SAW adalah rasul terakhir dan pemimpin para nabi terdahulu. Namun tugas berat yang beliau embam sebagai seorang Rasul tidak pernah membuat beliau merasa terbebani. Beliau tetap bisa  menjalankan tugasnya sebagai kepala Negara, pedagang, dan kepala Negara tanpa mengganggu tugas uatama beliau sebagai seorang Rasul. Keberhasilan beliau sebagai seorang Rasul yang membawa risalah islam dapat langsung kita rasakan, yakni dengan ke islaman kita. Walaupun kehidupan kita dengan nabi Muhammad berjarak ratusan tahun akan tetapi apa yang beliau ajarkan sebagai pembawa risalah masih sangat kita rasakan hingga sekasrang. Diseluruh dunia begitu banyak pemeluk agama islam, seluruh dunia mengakui besarnya pengaruh yang diberikan oleh nabi Muhammad, termasuk pemeluk agama lain.
Beliau tetap berusaha mencari materi yang mencukupi kehidupan. Akan tetapi walaupun beliau adalah seorang pedagang yang kaya, beliau tetap berusaha hidup sederhana. Kekayaan yang beliau milikii tidak semata mata digunakan untuk diri beliau sendiri akan tetapi beliau menggunakan demi menyiarkan agama islam. Beliau juga selalu berlaku lemah lembut dan penuh kasih saying kepada semua orang, termasuk dalam memperlakukan orang-orang yang tidak menyukai beliau.
Begitu sempurnanya keteladanan yang beliau miliki dalam setiap sendi kehidupan, menjadikan beliau sosok sempurna untuk dijadikan inspirasi bagi kita untuk menuju kesuksesan yang hakiki.
SEJARAH PERJUANGAN KAUM PEREMPUAN MUSLIM
Banyak sosok perempuan yang ikut berperang pada masa kehidupan rasul, berjasa terhadapa perjuangan islam, dan memiliki kontribusi yang besar dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, seperti : Aisyah yang mampu memberikan jawaban terhadap persoalan persoalan yang dikemukakan para sahabat. Dan Hisyam bin Urwah pernah berkata “pada zamannya tidak ada orang yang menandingi Aisyah dalam 3 bidang yaitu : Ilmu fiqih, ilmu pengobatan, dan ilmu syair”.
Ummuh Salamah yang mendampingi rasul dalam peperangan seperti, Fath Al Makkah ( Pembebasan makkah), Thaif, lahwazan, Tsaqif dan banyak lainnya. Para sahabat perempuan peperangan yang terjadi pada zaman peperangan razul tidak hanya di ikuti oleh sahabat laki-laki tetapi juga sahabat perempuan. Ummah binti jahsy juga terlibat dalam perang Uhud yang berperan dalam logistic dan mengobati yang terbuka. Syahidah pertama dalam islam adalah Summayyah binti khutbbat, seorang perempuan yang dibunuh abu jahal di makkah, karena tidak mau melepaskan islam, dan masih banyak sosok perempuan perempuan muslim yang tidak gentar berjuang untuk islam yang kita cintai ini.
Seorang tokoh penggerak kebebasan mesir, pada masa 1990an mengtakan bahwa ilmu adalah unsure yang paling harus harus dimiliki oleh elemen masyarakat, karena ilmu adalah satu-satunya penyelamat dari jurang akebodohan. Perempuan adalah bagian dari masyarakat, ia memiliki peran penting dalam ikut serta membangun masyarakat. Perkembangan dan kemajuan suatu masyarakat tidak akan tercapai jika tidak menyandarkan asasnya pada perempuan, hal ini karena perempuan tidak hanya menjadi setengah dari masyarakat akan tetapi perempuan bahkan menjadi pengasuh dan pengayom bagi semua masyarakat. Hal ini seirama dengan keyakinan masyarakat umu, bahwa peran pengayoman dan pendidikan anak disandarkan atau diserahkan pada perempuan. Perempuan berpendidikan memiliki kemampuan lebih dalam ketika mengetahui sesuatu disbanding laki-laki. Kelebihan dan kemampuan itulah yang pada akhirnya akan memikat laki-laki.

*sumberbuku panduan DAKWAH korps pergerakan mahasiswa islam putri.

birukuning

Add comment