Birukuning

ADA PRODUKSI GARAM DI SEBATIK

20270026 1773856909305971 233708381 n - ADA PRODUKSI GARAM DI SEBATIK

birukuning.com Sebatik. Desa tanjung karang kecamatan sebatik berhasil memajukan produksi lokal yang diproduksi sendiri dan sekaligus dikomsumsi masyarakat sebatik.


Produksi yang dihasilkan oleh masyarakat sebatik ini adalah garam yang dibuat dengan system penjemuran menggunakan meja. Kelompok tani yang dibina langsung oleh pemerintah kabupaten nunukan dan pemerintah desa tanjung karang berhasil memanfaatkan kekayam laut yang selama ini belum termanfaatkan.


“berawal dari pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten nunukan, akhirnya kami bias membuat garam. Walaupun saat produksi kami masih terbatas”. Ujar alimin yang merupakan ketua kelompok tani garam ini.


Saat ini hasil produksi garam disebarkan dimasyarakat sebatik dengan system jual kiloan kepada masyarakat, baik melalu system jual beli dipasar maupun transaksi langsung di lokasi pembuatan garam.


Untuk pembuatan garam ini dibutuhkan waktu 2 sampai 3 minggu. Dikarenakan proses penjemuran air laut sampai pengkristalan belum lagi apabila cuaca tidak bersahabat.


Harapan kami kedepannya produksi garam local ini mapu untuk memenuhi kebutuhan garam masyarakat sebatik pada khususnya dan masyarakat kaltara pada umumnya. Tutup alimin . *(RA)

birukuning

Add comment