Birukuning

PTN WAJIB BEKALI MAHASISWA BELA NEGARA

18920446 130424017533161 4091149927284077454 n - PTN WAJIB BEKALI MAHASISWA BELA NEGARA
BIRUKUNING.COM – Tarakan -Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Muhammad Nasir tengah menyiapkan regulasi untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme masuk kampus. Tujuannya jangan sampai paham itu menular pada para mahasiswa.

“Jangan macam-macam dengan negara ini. Apalagi kelompok gerakan radikal, kami siapkan perangkat, termasuk sanksi,” katanya dalam Kuliah Umum di Gedung Serbaguna Rektor UBT lantai 4 pagi tadi (08/06/2017)

Nasir menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Hukum dan Hak Asasi Manusia Wiranto.  Namun sejauh ini, kata dia, belum ada temuan dosen dan mahasiswa yang terlibat terorisme dan radikalisme.

Upaya lain menangkal paham radikal masuk kampus ialah dengan deklarasi bersama perguruan tinggi seluruh Indonesia, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) dan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis). “Ada pengarahan,” ujarnya.

Nasir mewajibkan seluruh perguruan tinggi  membekali mahasiswa dengan kegiatan bela negara dan wawasan kebangsaan. Metode dan caranya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
“Telah melakukan deklarasi bersama dengan Rektor PTN dan PTS, Indonesia bebas radikalisme, terorisme, menjaga NKRI dan antinarkoba,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kaltara (Unikal) Dr. Jabarsyah menjamin kampusnya bebas dari paham radikalisme dan terorisme. Meskipun terbilang baru, pihkanya selalu memberikan penguatan kepada seluruh mahasiswa, dosen, dan pejabat yang ada dengan toleransi beragama serta adat dan berbudaya.

“Kami menolak aliran yang merongrong NKRI dan pemerintah yang sah, kami Indonesia dan itu yang sudah kami tanamkan sejak dulu dengan pendekatan Nasionalis serta bela Negara”, Ucap Jabar. (Ib)

birukuning

Add comment