Birukuning

SAYA PANCASILA, NKRI HARGA MATI

18815108 1701459379879058 1202703250838746663 o - SAYA PANCASILA, NKRI HARGA MATI
Sebagai organisasi besar yang ada di Indonesia Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menjadikan pancasila sebagai asas dari organisasi. Hal ini tertuang dalam mukadimah PMII Insyaf dan sadar bahwa Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dan permusyawaratan/perwakilan dan Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan ideology negara dan falsafah bangsa Indonesia.
Mahasiswa Islam Indonesia sebagai salah satu eksponen pembaharu bangsa dan pengemban misi intelektual berkewajiban dan bertanggung jawab mengemban komitmen keislaman dan keindonesiaan demi meningkatkan harkat dan martabat umat manusia dan membebaskan bangsa Indonesia dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan baik spiritual maupun material dalam segala bentuk.
Selain itu pmii sebagai organisasi islam juga mengambil peranan penting dalam memberikan pemahaman tentang peranan pancasila sebagai alat pemersatu bangsa. Bahwa bangsa ini merupakan bangsa yang kuat bangsa yang terdiri dari berbagi suku agama dan ras.  Sudah Tentunya pancasila dijadikan sebagai alat pemersatu Bangsa.
Namun saat ini ada kelompok tertentu seperti HTI yang menguat gerakan akan mengganti pancasila.  Maka dengan itu atas nama PC PMII Tarakan mendukung sepenuhnya pihak pemerintah untuk membubarkan organisasi ini.  Karna konsep khilafa islamiah tidak relevan di negara Indonesia.
Selain itu terdapat gejala gejala yang terjadi di kebanyakan kampus umum akan masuknya islam radikal. Hal ini dikarenakan Mereka yang baru masuk ke kampus dengan berlatar belakang keluarga berbeda beda sangat rentang untuk di susupi pemahaman radikalisme.  Kehausan tentang keagamaan menjadi sebuah celah bagi mereka untuk menanamkan bibit bibit radikalisme.

Tentunya  untuk menyelamatkan pemuda harapan bangsa dari pemahaman radikalisme PMII selalu berupaya untuk menyebarkan pemahaman pancasila sebagai alat pemersatu bangsa. Pancasila jangan hanya di jadikan simbol semata, tetapi bagaimana kita bisa memahami dan mengaplikasikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Salam pergerakan. Rico Ardiansyah

birukuning

Add comment